Contact Whatsapp081383065864

Makanan Untuk Lanjut Usia

Ditulis oleh Administrator pada Selasa, 05 Maret 2019 | Dilihat 373kali
Makanan Untuk Lanjut Usia

Makan diet seimbang adalah bagian penting untuk tetap sehat seiring pertambahan usia. Ini dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, tetap berenergi, dan mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Ini juga menurunkan risiko Anda mengembangkan kondisi kesehatan kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Menurut Pusat Sumber Daya Nasional tentang Nutrisi, Aktivitas Fisik, dan Penuaan, 1 dari 4 orang Amerika yang lebih tua memiliki gizi buruk. Malnutrisi membuat Anda berisiko menjadi kelebihan berat badan atau kurus. Itu dapat melemahkan otot dan tulang Anda. Ini juga membuat Anda rentan terhadap penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda, makan makanan yang kaya serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Batasi makanan yang tinggi gula olahan, lemak jenuh dan trans, dan garam. Anda mungkin juga harus menyesuaikan diet Anda untuk mengelola kondisi kesehatan yang kronis.

Bagaimana Kebutuhan dan Kebiasaan Anda Berubah seiring Usia?
Seiring bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi, nafsu makan, dan kebiasaan makan dapat berubah dalam beberapa cara.

Kalori
Anda mungkin akan membutuhkan lebih sedikit kalori saat usia Anda bertambah untuk menjaga berat badan yang sehat. Makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar mengarah ke penambahan berat badan.

Anda mungkin menemukan Anda memiliki lebih sedikit energi dan lebih banyak masalah otot atau sendi saat usia bertambah. Akibatnya, Anda mungkin menjadi kurang bergerak dan membakar lebih sedikit kalori melalui aktivitas fisik. Anda mungkin juga kehilangan massa otot. Ini menyebabkan metabolisme Anda melambat, menurunkan kebutuhan kalori Anda.

Nafsu makan
Banyak orang mengalami kehilangan nafsu makan karena usia. Ini juga umum untuk indera penciuman dan penciuman Anda berkurang. Ini bisa membuat Anda makan lebih sedikit.

Jika Anda membakar lebih sedikit kalori melalui aktivitas fisik, makan lebih sedikit mungkin tidak menjadi masalah. Namun, Anda perlu mendapatkan cukup kalori dan nutrisi untuk menjaga kesehatan organ, otot, dan tulang. Tidak cukup dapat menyebabkan masalah gizi buruk dan kesehatan.

Kondisi medis
Seiring bertambahnya usia, Anda menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan osteoporosis. Untuk membantu mencegah atau mengobati kondisi ini, dokter Anda dapat merekomendasikan perubahan pada diet Anda.

Misalnya, jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, tetapi rendah kalori berlebih, gula olahan, dan lemak jenuh dan trans. Dokter Anda mungkin juga menyarankan Anda untuk makan lebih sedikit sodium.

Beberapa orang dewasa yang lebih tua menjadi sensitif terhadap makanan seperti bawang, cabai, produk susu, dan makanan pedas. Anda mungkin perlu memotong beberapa makanan ini dari makanan Anda.

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori Anda mungkin akan berkurang, sementara kebutuhan gizi Anda tetap sama atau meningkat. Makan makanan kaya nutrisi akan membantu Anda mendapatkan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak yang Anda butuhkan.

Dapatkan sebagian besar kalori Anda dari makanan padat nutrisi, seperti:

sayuran dan buah-buahan
kacang dan kacang lentil
kacang dan biji-bijian
gandum utuh
susu rendah lemak
protein tanpa lemak

Batasi makanan yang tinggi kalori, tetapi rendah nutrisi. Misalnya, simpan makanan yang digoreng, makanan penutup, dan minuman manis untuk sesekali diolah. Dokter Anda dapat merekomendasikan menghindari junk food sama sekali.

Makan Cukup Serat
Serat sangat penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Untuk menghindari sembelit dan masalah lain, sertakan makanan kaya serat setiap kali makan. Serat larut sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Sumber serat yang baik meliputi:

buah-buahan dan sayur-sayuran
kacang dan kacang lentil
kacang dan biji-bijian
oat dan dedak gandum
gandum utuh
Jika Anda kesulitan untuk makan serat yang cukup, dokter Anda dapat merekomendasikan suplemen serat, seperti psyllium husk (Metamucil).

Pilih Makanan Kenyamanan Lebih Sehat
Jika Anda menemukan diri Anda mengandalkan kenyamanan makanan, pilih opsi yang paling sehat. Misalnya, makanan ini bisa mudah disiapkan dan bergizi:

sayuran kaleng beku atau rendah sodium
buah tanpa pemanis beku atau buah kaleng rendah gula
ayam kalkun panggang atau ayam panggang yang dimasak sebelumnya
sup kalengan rendah sodium atau rebusan
campuran salad atau coleslaw dikantongi
oatmeal instan

kantung pengukus sayuran di bagian produk atau freezer dari toko kelontong
Selalu periksa label pada makanan kemasan. Pilih opsi yang mengandung sedikit tambahan gula, lemak jenuh, dan garam - dan lebih banyak serat, vitamin, dan mineral.

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com