Contact Whatsapp081383065864

Makanan Diet Diabetes Mellitus

Ditulis oleh Administrator pada Sabtu, 22 Oktober 2022 | Dilihat 355kali
Makanan Diet Diabetes Mellitus
 
Diabetes mellitus atau yang biasa disebut kencing manis adalah penyakit dengan gangguan metabolisme gula darah yang diakibatkan tidak normalnya hormon insulin pada tubuh sehingga meningkatkan kadar gula darah. Salah satu penyakit degeneratif yang bisa bertambah parah jika tidak diimbangi dengan diet. Di dalam diet diabetes mellitus semua makan yang bergizi penting. Untuk mengimbangi insulin dalam tubuh, makanan dengan kandungan karbohidrat perlu dibagi merata. Selain itu, untuk mengimbangi tidak adanya glukosa, tubuh akan meningkatkan laju pemecahan glikogen serta lemak yang berguna melepaskan sumber energi dan memproduksi glukosa.
Diabetes mellitus umumnya muncul dikarenakan kurangnya aktivitas fisik serta pola makan yang salah. Maka dari itu, gaya hidup yang sehat perlu diterapkan. Makanan pada diet diabetes mellitus perlu diperhatikan agar kadar gula darah tetap stabil serta menghindari dari adanya komplikasi. Untuk cara mengonsumsi juga tidak bisa sembarangan, harus sesuai jadwal dan jumlah asupannya. Jadwal makan besar disarankan sebanyak tiga kali sehari dan selingan 2-3 kali sehari. Jarak dari makan besar serta selimgam kira-kira 2,5-3 jam. Sedangkan, untuk jumlah asupan yang disarankan 25-30 kalori per kilogram berat badan ideal tiap harinya.  Berikut, asupan makanan diet diabetes mellitus yang perlu diperhatikan, diantaranya:
1. Karbohidrat
Porsi karbohidrat yang dianjurkan 45-65% dari total kalori. Atau setara dengan 130 gr per harinya. Hindari karbohidrat sederhana seperti jus buah, permen, kue kering maupun gula pasir. Tetapi, pilihlah karpohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi seperti jagung, kentang, gandum, sayuran, buah, serta kacang-kacangan.
2. Protein
Jumlah protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi 10-35% dari total kalori. Protein juga penting untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes mellitus. Sumber protein yang baik terdapat pada telur, ikan, tahu, tempe, daging sapi tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, serta kacang-kacangan. 
3. Lemak
Asupan lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi 20-25% dari total kalori. Sumber lemak baik terkandung pada lemak nabati serta ikan. Lemak jenuh yang terkandung pada hewan dan gorengan perlu untuk dihindari. 
4. Serat
Asupan serat yang dianjurkan adalah minimal 5 porsi sayur serta buah. Pada ukuran satu porsi setara dengan satu mangkok kecil. Makanan dengan serat tinggi dapat dijumpai pada oatmeal, alpukat, brokoli, bayam, pir, pisang, apel. Serta kacang almond. 
 
Dalam melakukan diet diabetes mellitus terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar pelaksanaan diet dapat berjalan dengan baik dan optimal. Diantara ketentuan tersebut ialah energi yang diberikan pada tubuh cukup sesuai dengan kebutuhan, serta memberikan tubuh atau mengonsumsi serat yang cukup dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, tujuan dari diet diabetes mellitus adalah untuk memberikan nutrisi atau gizi pada makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh, mempertahankan kadar gula darah sampai dengan mendekati normal, menjaga dan mempertahankan berat badan yang ideal, serta mencegah kadar gula yang terlalu rendah yang dapat menyebabkan pusing hingga pingsan.
 
Untuk makanan diet pada diabetes mellitus terbagi menjadi tiga macam, yakni makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, makanan yang dibatasi, serta makanan yang harus dihindari. Berikut merupakan pembahasannya:
  1. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, terkandung dalam protein hewani, meliputi ikan, putih telur, daging sapi tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit. Sumber protein nabati terdapat pada tahu, tempe, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah. Sayuran dengan tinggi serat, seperti ketimun, tomat, sawi, selada, kangkung, terong. Serta buah-buahan disesuaikan dengan kebutuhan; jeruk, apel, salak, serta pepaya.
  2. Makanan yang dibatasi konsumsinya, sumber karbohidrat dari nasi, bubur, mie, singkong. Protein hewani yang dibatasi: kuning telur, jeroan, sosis. Sayuran, yakni daun singkong, bayam, daun melinjo. Buah-buahan, seperti anggur, kelengkeng, nanas, pisang, alpukat. Serta makanan yang digoreng dan makanan dengan santan kental, saus tiram, maupun kecap.
  3. Makanan yang dihindari untuk dikonsumsi, protein hewani dalam keju, dendeng, abon. Buah-buahan yang diawetkan serta manis: kurma, manisan buah, durian. Kandungan minuman alkohol, susu kental manis, es krim, yogurt. Segala macam gula serta makanan dan minuman manis, seperti kue, sirup, permen, serta selai yang manis.
Dari makanan diet tersebut dapat diketahui mana saja yang bermanfaat bagi tubuh penderita diabetes mellitus. Namun, jika konsumsi makanan diet tanpa mengetahui bagaimana pelaksanaanya atau tata caranya akan menjadi percuma. Berikut merupakan pelaksanaan atau tata cara dalam melakukan diet diabetes mellitus yang tepat, yakni dengan cara memakan makanan secara teratur sesuai jumlah, jam, serta jenis yang disarankan, memperbanyak makanan serat yang terdapat pada sayur, membuat variasi menu makanan dengan bahan makanan yang sesuai, melakukan olahraga secara teratur, dapat disesuaikan dengan kemampuan tubuh, yang terakhir adalah memeriksa kadar gula dalam darah secara teratur.

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com
CS 1: Ria
0812 8682 1883
CS 2: Linda
0813 8306 5864
CS 3: Novi
0813 1687 3824