Contact Whatsapp081383065864

Menu Diet Saat Puasa

Ditulis oleh Administrator pada Selasa, 19 Maret 2019 | Dilihat 593kali
Menu Diet Saat Puasa
Secara sederhana, puasa dipahami sebagai suatu masa dimana kita diharuskan menahan diri untuk tidak makan dan/atau minum hingga batas waktu yang telah ditentukan. Tujuannya sendiri bisa untuk menjalankan perintah agama maupun untuk tujuan medical seperti misalnya bagi mereka yang hendak melakukan suatu pemeriksaan kesehatan. Untuk menghindarkan bias terkait puasa untuk menjalankan perintah agama atau puasa untuk sekadar keperluan medical maka perlu ditegaskan bahwa artikel kali ini akan memberi informasi terkait menu diet yang baik dikonsumsi untuk mereka yang berpuasa dalam rangka menjalankan perintah agama.
 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa puasa memaksa kita agar menahan diri untuk tidak makan dan/atau minum hingga batas waktu yang ditentukan, sehingga bagi sebagian orang yang sedang menjalankan program diet sebelum masa puasa tiba memilih mengakhiri program diet-nya. Hal ini sebetulnya tidak perlu diperlukan, karena ketika puasa pun program diet tetap bisa dilakukan tentu saja dengan beberapa penyesuaian. Penyesuaian yang dimaksud diutamakan dalam hal menu makanan baik ketika berbuka maupun ketika sahur, dengan tujuan agar ibadah puasa yang dijalankan tetap bisa berjalan lancar sambil tentu saja menu makanannya tidak menggugurkan program diet.
 
Untuk lebih jelasnya, di bawah ini telah dirangkum beberapa contoh menu makanan sahur dan berbuka yang baik diterapkan sambil menjalankan program diet, yaitu sebagai berikut:
 
1.Menu Takjil
Takjil merupakan makanan dan/atau minuman yang ditujukan untuk sekadar mengusaikan ibadah puasa yang dilakukan, tentu dimakan ketika waktu berbuka telah tiba. Sayangnya banyak sekali masyarakat kita yang kalap dengan menu takjil ini sehingga perut mereka yang belum terisi menu makanan utama justru sudah penuh terlebih dahulu. Terkait menu takjil yang pas dimakan saat program diet dilakukan, anda bisa coba menyiapkan the manis dengan gula yang tidak lebih dari 1 sendok makan saja, serta dibarengi roti dengan isian daging maupun sayur tanpa tujuan mengenyangkan perut anda. Atau anda pun bisa mencoba menu yang dianjurkan yakni memakan 3 buah kurma serta air putih saja. Menu tersebut diyakini tidak akan menggagalkan diet anda.
 
2.Menu Berbuka Utama
Berikutnya ada menu berbuka utama atau bisa dipahami juga sebagai menu makan besar. Saat puasa ada sebagian orang yang menyantap menu makan besar ini selepas solat magrib, sedangkan sebagian lainnya memilih memakannya selepas solat tarawih. Tidak masalah bagi anda memakannya selepas magrib atau selepas tarawih karena yang penting menunya tidak bertentangan dengan anjuran diet. Adapun menu yang bisa anda coba seperti nasi putih sebanyak 100 gram atau kurang, ditemani dengan tahu tempe yang tidak digoreng, berbagai jenis ikan, sayur dan terakhir lengkapi dengan buah.
 
3.Menu Sahur
Terakhir terkait makanan untuk sahur yang tentu saja harus mengandung serat tinggi serta protein yang cukup guna membekali diri anda yang hendak menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Untuk itu menu seperti olahan ayam bisa anda pertimbangkan, atau juga bayam dan brokoli yang dikenal kaya akan serat.
Menu-menu yang disebutkan di atas hanyalah contoh yang tidak mengikat anda untuk menerapkan menu yang sama, karena intinya adalah ketika anda menjalankan program diet ketika berpuasa maka menu makanan anda harus memenuhi kebutuhan gizi harian tanpa mengabaikan pantangan makanan bagi program diet. Anda bisa berkonsultasi kepada ahli gizi kenalan anda untuk mendapatkan rekomendasi menu yang mungkin akan lebih sesuai dengan selara anda.
 
menu diet saat puasa turun 10 kg, menu diet saat puasa Daud, menu diet saat puasa tanpa nasi, menu diet saat puasa murah, menu diet salama puasa, menu diet selama puasa ramadhan, menu makanan saat puasa, menu diet saat puasa dan sahur, menu diet selama bulan puasa, menu diet saat buka puasa, menu diet ketika berbuka puasa, menu diet mayo saat bulan puasa, menu makanan diet selama bulan puasa, menu diet selama seminggu saat puasa

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com