Contact Whatsapp081383065864

APA BEDANYA PRINSIP DIET PALEO DAN KETO?

Ditulis oleh Administrator pada Selasa, 05 Maret 2019 | Dilihat 452kali
APA BEDANYA PRINSIP DIET PALEO DAN KETO?

Diet paleo atau bisa disebut diet manusia gua, merupakan salah satu metode diet yang mengadopsi pola makan manusia gua zaman prasejarah masa paleolitikum. Lalu, mengapa manusia gua yang dijadikan model untuk melakukan diet?

Diet paleo diyakini mampu memperbaiki kesehatan sebagaimana diungkapkan dalam beberapa uji klinis, yaitu untuk menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hasil beberapa uji klinis tersebut juga menyatakan diet ini bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi jerawat, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kinerja atletik tubuh.
Jenis Makanan di Dalam Diet Paleo
Makanan yang diutamakan dalam diet paleo adalah:

  • Daging sapi dan ikan segar
  • Telur
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian alami
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Minyak yang tidak dimurnikan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak alpukat
  • Pemanis yang diproses seminimal mungkin seperti madu mentah, gula kelapa, atau stevia mentah

Di dalam diet paleo, beberapa jenis makanan di bawah ini dianjurkan untuk dihindari.

  • Aneka produk susu.
  • Kacang lentil, kacang polong, dan kacang tanah.
  • Biji-bijian dan kentang.
  • Garam.
  • Gula olahan.
  • Semua makanan kemasan pada umumnya.

Mereka yang melakukan diet paleo dianjurkan tidak mengonsumsi minuman lain selain air putih, air kelapa, atau teh hijau organik. Jika ingin memberi rasa manis pada makanan, bisa menggunakan madu asli atau gula kelapa. Meski diperbolehkan, konsumsi madu mentah dan gula kelapa sebaiknya dibatasi. Yang pasti, pelaku diet ini harus tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Siapa yang Dianjurkan Melakukan Diet Ini?
Diet ini dianggap cocok untuk mereka yang menderita diabetes. Sebab, diet ini membatasi asupan karbohidrat. Sumber karbohidrat yang diperbolehkan dalam diet ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Jenis makanan ini membuat pankreas tidak perlu bekerja keras sehingga jumlah obat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.
Meski diet ini menjanjikan hasil yang baik karena fokus pada makanan alami, namun karena aturannya yang ketat, tidak semua orang sanggup menjalankannya dalam waktu yang lama. Kesulitan lainnya adalah diet ini mencontoh makanan yang dikonsumsi manusia gua pada jaman purba, sementara situasi dan kondisi pada saat itu sangatlah berbeda dengan masa sekarang.
Yang paling mengkhawatirkan dari menjalani diet paleo adalah risiko terjadinya gizi tidak seimbang dan kekurangan nutrisi tertentu yang dibutuhkan tubuh, sebab diet ini mengharamkan sebagian makanan penting, seperti biji-bijian dan susu.


DIET KETO
Prinsip diet keto
Diet keto memiliki prinsip berbeda dengan diet paleo. Diet keto menekankan pada asupan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Diet ini membuat tubuh yang terbiasa menggunakan gula sebagai energi berubah menggunakan lemak sebagai energi yang disebut ketosis. Ini kriteria diet keto:

  • Konsumsi lemak 60-80 persen
  • Konsumsi protein 20-30 persen
  • Konsumsi karbohidrat 5-10 persen

Ketosis pada dasarnya adalah proses metabolisme yang normal pada tubuh. Saat kadar gula sangat rendah dalam tubuh, tubuh akan ganti membakar lemak sebagai energi.
Nah, diet ini mengatur sedemikian rupa agar tubuh mengalami kekurangan gula dan akhirnya lemaklah yang dibakar untuk menurunkan berat badan. Lemak yang dibakar jadi energi ini menghasilkan keton sebagai energi pengganti gula. Dengan cara itu maka berat badan jadi turun.
Ketosis pada dasarnya adalah proses metabolisme yang normal pada tubuh. Saat kadar gula sangat rendah dalam tubuh, tubuh akan ganti membakar lemak sebagai energi.
Nah, diet ini mengatur sedemikian rupa agar tubuh mengalami kekurangan gula dan akhirnya lemaklah yang dibakar untuk menurunkan berat badan. Lemak yang dibakar jadi energi ini menghasilkan keton sebagai energi pengganti gula. Dengan cara itu maka berat badan jadi turun.

Yang mana yang lebih mudah diikuti?
Memilih diet keto membutuhkan komitmen yang serius. Diet ini juga butuh banyak perencanaan makan dan kemauan keras agar bisa bertahan. Sebab, diet ini mengubah kebiasan orang kebanyakan. Perubahan metabolisme yang terjadi dalam diet ini juga cukup serius, seseorang bisa merasa sangat kelelahan, atau pusing. Anda harus pintar-pintar beradaptasi dan sebaiknya diet ini dilakukan di bawah pengawasan tenaga kesehatan.
Untuk paleo, mudah atau tidaknya ini tergantung pada setiap orang. Memilih daftar makanan yang boleh dan tidak boleh memang cukup rumit. Namun, ketika Anda sudah biasa mengikuti panduan dietnya, akan lebih mudah menjalaninya.
Pada diet paleo juga tidak perlu menghitung porsi atau asupan zat gizi seperti diet keto. Yang penting Anda mengikuti daftar makanan yang dianjurkan dan yang tidak.
Namun, jika tidak mengendalikan porsi makan, diet paleo justru bisa menimbulkan berat badan meningkat.

Apa bedanya manfaat diet paleo dan keto?
Diet keto diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan menekan nafsu makan. Maka itu, tidak heran kalau diet ini banyak diikuti oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.
Diet paleo memiliki tujuan yang agak berbeda dengan diet keto. Dilansir dari laman Everyday Health, diet paleo dapat membantu menurunkan tekanan darah, gula darah puasa, dan kadar trigliserida yang merupakan lemak dalam darah. Anda juga tetap mungkin menurunkan berat badan dari makanan olahan yang yang mengandung banyak gula.
membutuhkan perencanaan yang matang dan tidak semua orang bisa beradaptasi dengan ketosis.

APA BEDANYA PRINSIP DIET PALEO DAN KETO?

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com