Contact Whatsapp081383065864

Bahan Makanan yang Perlu Dibatasi bagi Penderita Asam Urat

Ditulis oleh Administrator pada Rabu, 20 Maret 2019 | Dilihat 331kali
Bahan Makanan yang Perlu Dibatasi bagi Penderita Asam Urat
Penyakit asam urat tentu saja merupakan penyakit yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat kita. Umumnya pengidap penyakit yang satu ini adalah mereka yang telah berumur terutama orang-orang di masa pensiun. Tetapi entah mengapa dari tahun ke tahun justru penderita penyakit ini mulai banyak diisi oleh orang-orang dengan usia di bawah40-an tahun. Gaya hidup terutama pola makan disinyalir menjadi faktor utama semakin banyaknya orang-orang berusia muda yang mengidap penyakit ini, apalagi kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat masih jauh panggang dari api.
 
Apabila asam urat sudah telanjur diderita, maka tidak ada pilihan lain selain menata kembali hidup anda karena akan ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan. Salah satu yang paling pasti adalah menghindari beberapa jenis bahan makanan yang mungkin selama ini menjadi favorit anda. untuk lebih jelasnya, berikut ini telah dirangkum beberapa jenis bahan makanan yang sebaik anda hindari apabila anda merupakan penderita asam urat, yaitu sebagai berikut:
 
1.Bayam
Dikenal sebagai bahan makanan dengan kandungan serat tinggi yang baik bagi pencernaan, sayangnya bayam justru menjadi salah satu bahan makanan yang sebaiknya anda hindari. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan purin yang sangat tinggi di dalamnya dimana setiap 100 gram bayam dapat memberikan kontribusi sebesar 57 gram purin.
 
2.Asparagus
Seperti halnya bayam, asparagus pun sebetulnya bahan makanan yang kaya kandungan gizi baik seperti kalium dan folat yang tinggi. Namun akibat kandungan purin yang juga tinggi di dalamnya maka sangat disarankan kepada anda untuk tidak mengonsumsi bahan makanan yang satu ini.
 
3.Kembang kol
Bahan makanan berikutnya yang juga memiliki kandungan purin tinggi adalah kembang kol. Sehingga bagi anda yang menyukai bahan makanan satu ini untuk campuran menu makanan anda, segeralah hentikan hal itu jika tidak ingin asam urat anda kambuh. Dikatakan bahwa dalam 100 gram kembang kol memiliki sebanyak 51 gram purin di dalamnya, tentu angka yang cukup besar.
 
4.Jamur
Bahan makanan berikutnya tentu akan amat sangat disayangkan mengingat bahan makanan yang satu ini dikenal lezat dan bergizi. Meski masih menjadi perdebatan terkait jumlah pasti kandungan purin di dalam 100 gram jamur, tetapi tetap saja bahan makanan ini memiliki kandungan purin di dalamnya yang secara otomatis memasukannya ke dalam daftar ini.
 
5.Seafood
Bahan makanan dari laut tentu merupakan bahan makanan yang sangat lezat terutama bagi mereka yang menyukainya. Sayangnya hampir semua bahan makanan laut memiliki kandungan purin tinggi sehingga sangat disarankan untuk dihindari oleh penderita asam urat. Hal tersebut pun berlaku pada bahan makanan dari laut yang dikalengkan karena proses pengalengan yang dilakukan sama sekali tidak menghilangkan kandungan purin di dalamnya.
 
6.Jeroan
Bahan makanan yang berkontribusi pada menu-menu makanan lezat berikutnya yang juga harus dihindari para penderita asam urat adalah jeroan. Contoh bahan makanan yang termasuk jeroan antara lain hati, usus, paru, limpa, otak dan lain sebagainya. Kandungan purin pada bahan-bahan makanan tersebut dikenal tinggi dan berpotensi membuat asam urat anda kambuh.
 
Menghindari bahan-bahan makanan seperti disebutkan di atas tentu akan terasa sangat menyiksa, oleh sebab itu kampanye untuk hidup sehat selalu diserukan. Hal tersebut tentu bukan untuk siapa-siapa melainkan untuk diri kita sendiri, karena ketika sudah mengidap suatu penyakit, maka yang akan tersiksa pun diri sendiri.
 
==================
Makanan asam urat rendah, makanan asam urat tinggi, makanan asam urat dan kolesterol, masakan asam urat dan pantangannya, makanan asam urat aladokter, masakan asam urat dan diabetes, makanan penurun asam urat, makanan cegah asam urat

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com