Contact Whatsapp081383065864

Makanan yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal

Ditulis oleh Administrator pada Rabu, 20 Maret 2019 | Dilihat 358kali
Makanan yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal
Beberapa tahun belakangan ini cukup sering kita dengar orang-orang di sekitar kita mengalami gagal ginjal. Yang membuat cukup prihatin dari penyakit ini adalah pengidap-nya yang bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Penyebab utama dari gagal ginjal memang secara umum disumbang oleh diabetes tipe satu dan tipe dua, meski tidak menutup kemungkinan jika penyebab lain pun turut andil menyebabkan penyakit berbahaya yang satu ini.
 
Ketika seseorang telah menderita gagal ginjal, maka hal yang paling perlu diperhatikan adalah makanannya. Hal ini disebabkan karena makanan untuk para penderita gagal ginjal tidak boleh asal, karena jika asal ditakutkan akan membuat ginjalnya semakin bermasalah. Untuk itulah diperlukan pemahaman kepada anda terkait makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal, yaitu sebagai berikut:
 
1.Kembang kol
Sayuran yang satu ini dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi serta nutrisi yang sangat baik seperti vitamin C, vitamin B, Vitamin K serta tak ketinggalan Folat. Selain itu kembang kol pun dipercaya memiliki anti inflamasi serta sumber serat layaknya sayuran pada umumnya.
 
2.Puti telur
Kandungan besar fosfor di dalam putih telur menjadi alasan utama direkomendasikan-nya bahan makanan yang satu ini untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal. Selain itu kandungan protein yang sangat tinggi juga dimiliki sehingga semakin memperkaya manfaat yang bisa didapatkan darinya. 
 
3.Bawang putih
Ketika seseorang mengalami gagal ginjal maka sudah barang tentu ia akan dijauhkan dari garam akibat kandungan sodium yang dikandungnya. Oleh sebab itu bawang putih mampu menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan garam selain tentu saja kandungan di dalamnya pun cukup baik bagi tubuh dimana kandungan mangan, vitamin B6 serta vitamin C dapat berperan sebagai anti inflamasi.
 
4.Kubis
Dikatakan bahwa kubis merupakan keluarga sayuran cruciferous dimana sayuran dari famili tersebut dikenal kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa vitamin yang dikandung di dalamnya antara lain vitamin K, vitamin C serta vitamin B. Tidak ketinggalan, kubis pun diperkaya dengan serat tak larut yang manfaatkan lebih baik dalam rangka menjaga kesehatan pencernaan karena membuat gerakan usus menjadi lebih teratur sehingga arus pembuangan feses menjadi lebih lancar.
 
5.Ayam tanpa kulit
Protein memang menjadi salah satu nutrisi yang perlu dibatasi masuknya kepada penderita gagal ginjal, namun bukan berarti tidak boleh ada sama sekali protein yang masuk karena hal itu justru akan berakibat buruk bagi tubuh. Supaya protein yang masuk tetap terkendali dan tak berlebihan maka sangat baik bagi penderita gagal ginjal mengonsumsi ayam tanpa kulit, sebab ayam tanpa kulit mengandung fosfor, natrium dan kalium yang jauh lebih sedikit dibandingkan ayam dengan kulit.
 
6.Nanas
Keluarga buah-buahan pun tidak ketinggalan mengirimkan wakilnya, dimana buah yang paling pas untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal adalah buah nanas. Hal ini karena nanas tidak tinggi akan potasium yang biasanya justru tinggi pada buah lainnya. Selain aman karena rendah potasium dan kalium, nanas pun tinggi serat, mangan, bromelain, enzim, serta tentu saja vitamin.
 
Demikian tadi beberapa makanan yang masih cukup aman untuk anda konsumsi selaku penderita gagal ginjal. Bagi anda yang ginjalnya masih sehat, sangat disarankan untuk lebih memperhatikan lagi kesehatan ginjal anda, agar berbagai pantangan yang harus dituruti para penderita ginjal tidak perlu menjadi pantangan bagi anda pula.
====================
makanan untuk gagal ginjal dan diabetes, makanan untuk gagal ginjal kronis, makanan untuk gagal ginjal akut, makan untuk gagal ginjal, makanan sehat untuk gagal ginjal, pantangan makanan untuk gagal ginjal, menu makanan untuk gagal ginjal, makanan yang dianjurkan untuk gagal ginjal akut, makanan diet gagal ginjal akut, anjuran makanan untuk gagal ginjal, pantangan makanan gagal ginjal akut,menu makanan gagal ginjal akut

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com