Contact Whatsapp081383065864

Memilih Nutrisi untuk Orang Penderita Sakit Kanker

Ditulis oleh Administrator pada Rabu, 20 Maret 2019 | Dilihat 403kali
Memilih Nutrisi untuk Orang Penderita Sakit Kanker
Anda tentu paham benar bahwa penyakit kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini tentu menyebabkan para penderita kanker betul-betul diperhatikan segala halnya untuk kesembuhannya, termasuk soal makanan yang mereka konsumsi. Terkait makanan yang dikonsumsi, sebetulnya hal ini lebih mengarah kepada pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan, karena dengan cukupnya nutrisi maka usaha melawan kanker pun jauh lebih realistis dilakukan.
 
Yang menarik dalam upaya pemenuhan nutrisi bagi penderita kanker ini adalah terkait asupan kalori, dimana orang-orang kebanyakan berusaha sekuat tenaga untuk dapat mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh mereka, penderita kanker justru kebalikannya. Hal tersebut tentu tidak lain dan tidak bukan dalam rangka mempercepat pemulihan tubuh sambil menjalani pengobatan kanker.
 
Sebetulnya secara umum kebutuhan nutrisi penderita kanker sama saja dengan orang-orang yang tidak mengidap kanker, akan tetapi ada beberapa mikro nutrisi yang perlu didapatkan lebih banyak oleh para pengidap kanker ini dibandingkan dengan orang lain. Beberapa nutrisi mikro yang dimaksud antara lain sebagai berikut:
 
1.Branched Chain Amino Acid
Nutrisi mikro yang pertama ini lebih dikenal dengan sebutan BCAA karena lebih mudah diingat. Nutrisi ini sendiri memiliki fungsi sebagai pencegah terjadinya penurunan nafsu makan penderita kanker terutama ketika menjalani pengobatan. Beberapa bahan makanan yang merupakan sumber dari nutrisi yang satu ini antara lain keju, susu, putih telur hingga daging ayam.
 
2.Eicosapentanoic Acid
Berikutnya pun cukup sulit diingat sehingga lebih dikenal dengan nutrisi EPA. Nutrisi EPA sendiri memiliki fungsi menurunkan proses peradangan di dalam tubuh penderita kanker serta tentu saja mencegah timbulnya komplikasi yang dapat terjadi. Beberapa bahan makanan yang diyakini sebagai sumber nutrisi EPA antara lain ikan salmon, ikan tuna, ikan makerel, ikan lele serta ikan teri.
 
3.Arginin
Nutrisi mikro berikutnya cukup mudah diingat karena namanya tidak sesulit nutrisi-nutrisi mikro sebelumnya, yaitu Arginin. Arginine sendiri diandalkan dalam rangka memberi stimulasi kepada sistem imun serta memudahkan tubuh untuk mencerna protein. Beberapa bahan makanan yang dipercaya kaya akan arginine misalnya seperti susu, telur, kacang-kacangan, keju, yoghurt, gandum serta daging.
 
4.Glutamin
Nutrisi mikro yang tak kalah mudah diingat berikutnya adalah glutamin, dimana nutrisi yang satu ini dipercaya mampu menjaga saluran cerna penderita kanker terhadap efek-efek yang disebabkan oleh pengobatan kanker, sebut saja efek kemoterapi maupun pengobatan kanker lainnya. Selain itu glutamin pun sangat berguna dalam pembentukan sel baru. Contoh bahan makanan yang kaya akan glutamin misalnya seperti daging, gandum, keju, yoghurt, susu, kacang kedelai dan susu.
 
Keempat mikro nutrisi di atas merupakan nutrisi yang perlu didapatkan oleh penderita kanker lebih banyak daripada orang-orang yang tidak menderita kanker, namun perannya tidak dapat menggantikan nutrisi pokok seperti vitamin, mineral, protein dan lain-lain. Apabila pemenuhan nutrisi tersebut di atas masih cukup sulit untuk dilakukan melalui makanan yang dikonsumsi, maka alternatif solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen nutrisi. Tetapi tentu saja sebelum si penderita kanker mengonsumsi suplemen nutrisi yang dimaksud, akan lebih bijak jika berkonsultasi dengan dokter yang menanganinya terlebih dahulu. Karena mengonsumsi suplemen nutrisi bisa jadi justru berbahaya bagi para penderita kanker apabila terdapat dosis maupun kandungan yang tidak sesuai di dalam suplemen. Efeknya bisa berupa keracunan maupun efek lain yang jauh lebih berbahaya lagi.
===============================
nutrisi untuk penderita kanker serviks, nutrisi untuk penderita kanker hati, nutrisi untuk penderita kanker paru,nutrisi untuk penderita kanker prostat, nutrisi makanan untuk penderita kanker, nutrisi yang baik untuk penderita kanker, nutrisi pada penderita kanker, nutrisi untuk penderita kanker payudara, makanan untuk penderita kanker getah bening, makanan untuk penderita kanker usus besar, makanan untuk penderita kanker darah, pantangan makanan untuk penderita kanker darah, jenis makanan untuk penderita kanker darah, makanan untuk penderita tumor dan kanker, makanan untuk penderita kanker endometrium, makanan untuk penderita kanker ginjal, pantangan makanan untuk penderita kanker getah bening

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com